SMA M 01

SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MALANG

JL. BRIGJEND SLAMET RIYADI NO. 134 MALANG

TLP. (0431) 328445

TERAKREDITASI “A”

PORFIL

        SMA Muhammadiyah 1 Malang didirikan dengan piagam pendirian tertanggal  1 Januari 1951, di atas tanah milik Kyai Bejo Darmo Leksono. Beliau mewakafkan tanah dan rumah miliknya 2 bulan sebelum meninggal dan menitipkan amanah itu pada seorang pemuda bernama IMAM SOEHARNO (yg akhirnya menjadi Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Malang yang ke-3).

IMAM SOEHARNO  kemudian mendirikan bangunan sekolah denganmodal awal berasal dari piutang bank yg menggunakan sertifikat tanah miliknya sebagai jaminan.

Tidak jelas di 4 tahun awal setelah ijin pendirian sekolah (1951 – 1954), apakah sekolah langsung beroperasi atau menggunakannya untuk mempersiapkan bangunannya. Yang pasti, di lokal yang sama SMP Muhammadiyah 1 Malang beroperasi lebih dulu.

Berikut adalah nama-nama Kepala Sekolah yang pernah dan sedang memimpin SMA Muhammadiyah 1 Malang :

1.     Djoko Rahardjo (memimpin di tahun : 1956 – 1962)

2.     Djoko Sulistijo (memimpin di tahun : 1962 – 1971)

3.     Imam Soeharno, BA (memimpin di tahun : 1971 – 1997)

4.     Drs. Sja’roni (memimpin di tahun :  1997- 2003)

5.     Dra. Tri Endarwati, MM (memimpin  di tahun:  2003 – April 2012)

6.     Dra. Hendrini Astuti (memimpin sekarang)

Visi 

Terwujudnya pribadi muslim yang unggul dalam IMTAQ dan IPTEK menuju masyarakat utama yang diridhloi ALLAH SWT.

Misi 

  1. Mengembangkan potensi akademik dan non akademik siswa melalui pembelajaran inovatif
  2. Melaksanakan pengelolaan pendidikan untuk mencapai “8 standar” nasional pendidikan
  3. Mengembangkan manajemen sekolah berbasis teknologi informasi.
  4. Menumbuhkan kesadaran warga sekolah dalam berfikir, dzikir dan beramal
  5. Mengembangkan budaya saling menghormati,beretika dan kepribadian luhur
  6. Mengembangkan kerjasama yang harmonis dengan stakeholder (penentu kebijakan)
  7. Mengembangkan kultur yang produktif dan konstruktif

FASILITAS

  1. Musholah/Lab. Agama
  2. Laboratoriun Komputer Ber-AC
  3. Laboratorium Fisika, Kima, Biologi
  4. Laboratorium Bahasa
  5. Laboratorium Kesenia
  6. Koperasi Sekolah
  7. Perpustakaan Terbuka
  8. Layanan Internet Gratis/ Hotspot
  9. Area Kultum, Baca Tulis Al-Quran
  10. Band (Musik & bina vokal)

EKSTRAKURIKULER

  1. Karya Tulis Ilmiah (kir & Olimpiade)
  2. Tata Boga & Tata Busana
  3. Basket, Futsal, Sepak Takraw, Tapak Suci, Karate
  4. Band & Bina Vokal
  5. Baca Al -Quran
  6. GASIPIR (Gabungan siswa pecinta air)

 TUJUAN SEKOLAH

  1. Siswa melaksanakan ibadah dengan tertib dan benar
  2. Siswa memiliki akhlaq yang baik ( akhlaqul karimah )
  3. Siswa mampu khatam AL Qur’an
  4. Siswa lulus sesuai standar Ujian Nasional
  5. Siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensinya
  6. Siswa mampu mengaplikasi program komputer
  1. Siswa mampu berbicara dalam bahasa asing (terutamaBahasa Inggris dan Arab).
  2. Siswa memiliki kepribadian dan budi pekerti yang baik
  3. Mengembangkan sikap profesional bagi guru dan karyawan
  4. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah (stake holder)

 BUDAYA SEKOLAH

Budaya sekolah diharapkan benar-benar menjadi budaya setiap warga sekolah yang diharapkan mampu mengamalkannya di setiap aktifitasnya baik aktifitas pribadi maupun aktifitas yang berkaitan dengan kepentingan sekolah. Agar mudah mengingatnya dan kemudian mampu mengamalkannya, budaya SMA Muhammadiyah 1 Malang disingkat : “AKU BISA”, yang merupakan kepanjangan dari :

Allah SWT selalu melihat kita.

Knowledge is power ( pengetahuan merupakan kekuatan ).

Undefeatable ( memiliki semangat juang yang tangguh ).

Be positive thinking ( selalu berpikir positif ).

Impressive ( selalu bersikap mengesankan ).

Self confidence ( memiliki sikap percaya diri ).

Action ( melakukan tindakan nyata ).

POLA MANAJEMEN SEKOLAH : MPMBS

  1. Sekolah memiliki otonomi dalam mengelola sekolah
  2. Keputusan sekolah diambil secara partisipatif
  3. Ruang gerak pengelolaan sekolah bersifat luwes
  4. Pendekatan kepada komponen sekolah bersifat profesional
  5. Sifat kekuasaan : desentralistik
  1. Warga sekolah saling memotivasi diri
  2. Peraturan sekolah bersifat simpel tetapi efektif ( deregulasi peraturan )
  3. Pimpinan sekolah mempengaruhi warga sekolah
  4. Pimpinan sekolah memfasilitasi warga sekolah
  5. Warga sekolah mampu mengelola resiko
  6. Pengelolaan keuangan bersifat seefisien mungkin
  7. Sekolah memiliki teamwork yang cerdas dan dinamis
  8. Informasi terbagi kepada seluruh warga sekolah
  9. Pemberdayaan warga sekolah
  10. Organisasi sekolah bersifat datar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: